Selasa, 07 Februari 2017

Referensi Makalah tentang Sebab-sebab Turunnya Al-Qur'an

Tugas belajar siswa-siswi SD dan SMP: Referensi Makalah tentang Sebab-sebab Turunnya Al-Qur'an

 
 
Tugas belajar siswa-siswi SD dan SMP
 
Kumpulan Lengkap: 
Contoh Pidato Tentang Sabar Dalam Islam


Referensi dibawah ini untuk bahan Makalah dan klipping tentang Sebab-sebab Turunnya Al-Qur'an.
 
1.  Pengertian Al-Qur'an

Al-Qur'an ialah kalam Allah swt.yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. melalui malaikat Jibril, sebagai mukjizat dan sumber hukum sertasebagai pedoman hidup bagi pemeluk Islam, membacanya sebagai ibadah kepada Allah.

Dari keterangan tersebut di atas, maka firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Musa as.dan Nabi Isa as. serta nabi-nabi yang lain tidak dinamakan Al-Qur'an. Dengan demikian, firman Allah yang disampaikan kepada Nabi Muhammad saw.melalui ilham ataupun mimpi seperti hadis Qudsi,maka tidak pula dinamakan Al-Qur'an, dan membacanyapun belum tentu bernilai ibadah.

Al-Qur'an mempunyai nama-nama lain seperti: Al-Kitab, Kitabullah, Al-Furqan artinya yang membedakan antara yang haq dan yang batil, dan Az-Zikru artinyaperingatan. Dan masih banyak lagi nama-nama Al-Qur'an.

2.  Sebab-sebab Turunnya Al-Qur’an

Mengetahui sebab-sebab turunnya Al-Qur'an adalah sangat penting sekali, yaitu bagi orang yang ingin mengetahui hukum-hukum atau ilmu-ilmu yang terkandung di dalam Al-Qur'an.Hal tersebut didasarkan pada dua sebab yaitu:

a.     Untuk mengetahui kemukjizatan Al-Qur'an. Perlu diketahui suasana ketika ayat-ayat Al-Qur'an diturunkan, baik keadaan ayatnya, keadaan Nabi Muhammad saw. yang menerima dan membawa ayat-ayat itu, maupun keadaan seluruhnya.
b.     Tidak mengetahui sebab-sebab turunnya ayat-ayat Al-Qur'an dapat mendatangkan keragu-raguan.Dan dapat pula menyebabkan ayat-ayat yang terang dan jelas maksudnya terkadang menjadi samar, sehingga dikhawatirkan akan timbul perselisihan.

Ayat-ayat Al-Qur'an diturunkan kepada Rasulullah saw. ialahsebagai penerangatau penjelas terhadap suatu perkara yang pada waktu itu Rasulullah saw. belum mengetahui hukumnya. Maka ayat-ayat Al-Qur'an diturunkan karena ada suatu kejadian atau pertanyaan dari para sahabat nabi, yang mana nabi sendiri belum mengetahui hukumnya.Sedikit sekali ayat-ayat Al-Qur'an yang diturunkan tanpa adanya suatu sebab yang melatarbelakanginya atau tanpa ada pertanyaan yang mendahuluinya.

Ayat-ayat Al-Qur'an yang turun karena ada pertanyaan dari sahabat nabi antara lain terdapat pada ayat-ayat yang memiliki ciri atau didahului oleh lafal "Yas'alùnaka (mereka bertanya kepadamu)." Dan ayat-ayat semacam ini banyak sekali kita jumpai, misalnya:

وَيَسْئَلُوْنَكَ مَاذَا يُنْفِقُوْنَ قُلِ الْعَفْوَ. (البقرة: ٢١٩)

"Dan mereka menanyakan kepadamu (tentang) apa yang (harus) mereka infakkan. Katakanlah, 'Kelebihan (dari apa yang diperlukan) '."(QS. Al-Baqarah/2: 219)

وَيَسْئَلُوْنَكَ عَنِ الْيَتٰمٰى قُلْ اِصْلَاحٌ لَّهُمْ خَيْرٌ. (البقرة: ٢٢٠)
 
"Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang anak-anak yatim. Katakanlah, 'Memperbaiki keadaan mereka adalah baik!'"  (QS. Al-Baqarah/2: 220)

وَيَسْئَلُوْنَكَ عَنِ الْمَحِيْضِ قُلْ هُوَ اَذًى. (البقرة: ٢٢٢)

"Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, 'Itu adalah sesuatu yang kotor) .(QS. Al-Baqarah/2: 222)

وَيَسْئَلُوْنَكَ عَنِ الرُّوْحِ قُلِ الرُّوْحُ مِنْ اَمْرِ رَبِّيْ وَمَاۤ اُوْتِيْتُمْ مِّنَ الْعِلْمِ اِلَّا قَلِيْلًا. (الاسراء: ٨٥)

"Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, 'Ruh itu termasuk urusan Tuhanku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan hanya sedikit'." (QS. Al-Isrã'/17: 85)

Ayat-ayat Al-Qur'an yang diturunkan karena ada suatu kejadian, misalnya pada suatu ketika salah seorang sahabat yang bernama Mursyidan Al-Ghanawi mencintai seorang wanita musyrik bernama Inaq yang mana keduanya ingin mengikat dalam suatu perkawinan.Ia mohon izin kepada Rasulullah untuk beristri dengan perempuan musyrik yang dicintainya itu. Ketika itu, Rasulullah saw. tidak dapat memberikan jawabannya karena belum ada hukum yang menetapkan tentang hal itu. Maka turunlah ayat sebagai berikut:

وَلَا تَنْكِحُوا الْمُشْرِكٰتِ حَتّٰى يُؤْمِنَّ وَلَاَمَةٌ مُّؤْمِنَةٌ خَيْرٌ مِّنْ مُّشْرِكَةٍ وَّلَوْ اَعْجَبَتْكُمْ وَلَا تُنْكِحُوا الْمُشْرِكِيْنَ حَتّٰى يُؤْمِنُوْا وَلَعَبْدٌ مُّؤْمِنٌ خَيْرٌ مِنْ مُّشْرِكٍ وَّلَوْ اَعْجَبَكُمْ. (البقرة: ٢٢١)

"Dan janganlah kamu nikahi perempuan musyrik, sebelum mereka beriman. Sungguh, hamba sahaya perempuan yang beriman lebih baik daripada perempuan musyrik meskipun dia menarik hatimu.Dan janganlah kamu nikahkan orang (laki-laki) musyrik (dengan perempuan yang beriman) sebelum mereka beriman.Sungguh, hamba sahaya laki-laki yang beriman lebih baik daripada laki-laki musyrik meskipun dia menarik hatimu."(QS. Al-Baqarah/2: 221)

Demikian kiranya kami sajikan sedikit referensi untuk menjadi bahan Makalah dan Klipping tentang Sebab-sebab Turunnya Al-Qur'an, semoga dapat bermanfaat bagi siswa/siswi SD dan SMP dalam menyiapkan tugas belajar pendidikan Agama Islam.

0 komentar:

Posting Komentar