Senin, 06 Februari 2017

Apa Bedanya Artikel, Kliping dan Makalah

Apa Bedanya Kliping dan Makalah

tentang perbedaan Kliping dan Makalah

Tugas belajar siswa-siswi SD dan SMP, mungkin diantara kalian ada yang belum tahu apa sih bedanya antara artikel Kliping dan Makalah?. Dibawah ini kami akan menyajika untuk kalian yang belum tahu tentang perbedaan artikel Klipping dan Makalah.

Sebelumnya kita akan bahas pengertian Artikel. Artikel adalah sebuah karangan yang dibuat secara tertulis dengan bertujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta yang meyakinkan, mendidik serta menghibur. Dan biasanya untuk dapat dipublikasikan melalui Koran, blog, majalah dan media lainnya.

Ciri-ciri artikel diantaranya:
 
bersifat logis :
logis artinya karangan yang dibuat harus memiliki dasar dan masuk di akal serta dapat di uji kebenarannya.
 
Lugas
Lugas artinya tulisan yang dibuat langsung menuju persoalan dan tidak berbelit-belit
 
Tuntas
Tuntas artinya sebuah artikel karangan memaparkan secara mendalam dan memberikan keterangan dan pengertian yang jelas untuk bisa di mengerti.
 
Obyektif
Obyektif artinya sebuah artikel yang disajikan sesuai dengan fakta , data dan sesuai dengan sumber yang ada .
 
Cermat
Artinya berusaha menjaga terjadinya kekeliruan dalam penulisannya walaupun itu kecil.
 
Jelas dan padat
Artinya keterangan yang dibuat dapat mudah di cerna oleh semua pembaca dengan tidak melibatkan emosi lebih dan dengan memperhatikan tanda baca dan bahasanya yang baku.
 
Netral
Artinya artikel yang dibuat harusnya tidak memiliki ambisi untuk mengejar keuntungan semata, tetapi sebuah artikel harusnya tidak mempunyai keberpihakan ataupun prasangka dan alasan-alasan yang kurang ilmiah dan sebaiknya sebuah artikel haruslah bersifat mendidik, meyakinkan dan menghibur.
CONTOH MAKALAH, CONTOH PIDATOCONTOH KLIPPINGRUMUS MATEMATIKA

Kliping

kliping adalah kumpulan potongan informasi gambar atau tulisan tertentu yang diambil dari berbagai sumber seperti majalah, surat kabar, atau sumber lainnya untuk disusun sesuai tema yang diusung  untuk tujuan sebagai bagian dari informasi dan pengetahuan. Biasanya kliping dibuat dan disusun untuk dibukukan atau di jilid agar informasi yang di dapat menjadi menarik untuk dilihat dan sebagai hasil karya seni yang utuh.
 
Ciri-ciri Kliping diantarannya:

Kliping biasanya banyak mengedepankan gambar-gambar beserta penjelasannya dan bagian potongan-potongan tulisan yang memberikan penjelasan tentang tema yang di usung dalam sebuah kliping.

Kliping biasanya tak memberikan alur pengertian yang mendetail karena kliping itu sendiri diambil dari bagian potongan kertas atau media data yang berbeda, tetapi tetap mengedepankan tema yang di usung.

Kliping tidak dikarang oleh kliper (pembuat kliping) tetapi, mengambil, memotong dan menempelkan bagian-bagian yang sudah ada dalam sumber media lain seperti majalah, koran, buku, atau media data lainnya.

Makalah

Makalah adalah hasil karya ilmiah yang membahas tentang pokok permasalahan tertentu yang mencakup bagaimana permasalahan dapat di selesaikan dengan logis,objektif, sistematis disertai dengan analisis yang baik melalui hasil dari observasi penyusun dan di simpan sebagai bagian dari hasil karya tulis. Biasanya hasil karya tulis tersebut digunakan untuk olah pemikiran sebagai pertimbangan secara ilmiah untuk dapat dipublikasikan dan di terbitkan sebagai bagian dari jurnal pokok permasalahan.

menurut beberapa ahli diantaranya menurut Tanjung dan Ardial bahwa makalah adalah karya tulis yang memuat dalam pemikiran tentang suatu masalah topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan disertai analisis yang logis dan objektif .

ada juga menurut Surakhmad bahwa makalah itu adalah segala jenis tugas kuliah yang harus diselesaikan dengan secara tertulis baik sebagai hasil pembahasan buku ataupun sebagai bagian dari hasil karangan tentang suatu pokok permasalahan.

Dari hasil pengertian di atas dapat disimpulkan, makalah adalah hasil karya tulis yang memberikan pembahasan tentang bagaimana sebuah masalah dapat diselesaikan dengan logis, objektif, analisis dan sistematis.
CONTOH MAKALAH, CONTOH PIDATOCONTOH KLIPPINGRUMUS MATEMATIKA

Daftar Pustaka
    http://id.wikipedia.org/wiki/Artikel
    http://selalumengalah.wordpress.com/artikel/
    http://contohkliping.blogspot.com/2011/12/pengertian-kliping.html
    http://makalahproposal.blogspot.com/2014/04/pengertian-makalah.html
 
source: kupasblogs.blogspot.com

1 komentar: